PENGERTIAN REKLAME

PENGERTIAN REKLAME
PENGERTIAN REKLAME
Reklame berasal dari bahasa Spanyol yaitu Re dan Clamos sedangkan dari bahasa latin Re dan Clame, Re artinya berulang-ulang sedangkan Clame atau Clamos artinya berteriak, sehingga secara bahasa Reklame adalah suatu teriakan/ seruan yang berulang-ulang.
Secara luas Reklame bisa di artikan sebagai suatu kegiatan untuk mengajak seseorang atau kelompok orang mengikuti isi reklame tersebut. Reklame dapat juga diartikan sebagai suatu sarana yang memiliki tujuan menjajakan produknya atau membuat barangnya laku di pasaran.
Sifat reklame (Komersial & Sosial)
komersial yaitu suatu reklame yang digunakan untuk memperoleh keuntungan dan sifat sosial yaitu suatu reklame yang semata-mata tidak bertujuan untuk mendapatkan keuntungan yang berbentuk material
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat reklame agar reklame tersebut dapat dikatakan baik, antara lain sebagai berikut:
Persuasif ( mengajak )
Yaitu kegiatan reklame diharapkan dapat menarik dan mengajak masyarakat
Estatis ( induk )
Untuk dapat memvisualisasikan reklame dengan indah kita harus menerapkan beberapa unsur keindahan antara lain :
Keseimbangan ( balance )
Harmonis
Irama ( ritme )
Kontras ( berlawanan )
Etis ( sopan atau sesuai dengan norma )
Edukatif ( mendidik )
Sebelum era globalisasi penyebaran reklame belum begitu meluas, sehingga pemanfaatan reklame tidak bisa maksimal ( hanya beredar/ diketahui oleh masyarakat-masyarakat tertentu ).Sedangkan di era globalisasi ini reklame sudah menyebar luas melalui media komunikasi yang ada yang berjalan seiring dengan perkembangan teknologi. Sehingga tidak hanya masyarakat atau kalangan tertentu saja yang dapat mengetahui atau menikmatinya tetapi hampir dilapisan masyarakat dapat mengetahui dan menikmatinya di era globalisasi ini banyak sekali manfaat reklame dari hal-hal sederhana sampai modern, diantaranya:
1. Dulu pedagang kaki lima, misalnya menjual bakso mendorong gerobaknya keliling kampung dan berteriak-teriak untuk menjajakan barang dagangannya. Sekarang pedagang bakso tidak harus berteriak untuk menjajakan barang dagangannya, tetapi dia menggunakan fasilitas reklame yang modern seperti spanduk, papan nama, pemasangan iklam di radio. Hal ini dilakukan agar laku dan laris di pasaran dikenal khalayak umum.
2. 2) Dulu barang- barang produksi, contoh: makanan, minuman, peralatan mandi hanya dikenal oleh kalangan tertentu yang dekat dengan perusahaan produksi tersebut. Sekarang barang- barang produksi tersebut tidak hanya dikenal di kalangan tersebut, tetapi telah dikenal sampai daerah-daerah pedesaan. Dan pengenalan ini didistribusikan oleh media reklame, contoh: pemasangan poster, iklan baik di surat kabar, radio, TV, internet dll.
3. Barang-barang teknologi komunikasi kini telah berkembang sehingga perlu adanya pengenalan terhadap publik.
Contohnya:
- Sepeda motor / mobil
Reklame yang digunakan: Pemasangan iklan di radio, TV, Surat kabar, penyebaran pamflet, stiker, pemasangan spanduk.
- Hand phone
Reklame yang digunakan: Pemasangan iklan di radio, TV, surat kabar, penyebaran pamflet, stiker, pemasangan spanduk dan internet.
FUNGSI REKLAME
Sebagai media atau alat untuk mempromosikan suatu produk semenarik mungkin yang sifatnya mengajak untuk memakai, mengikuti atau membeli produk yang di promosikan
JENIS MEDIA REKLAME:
PEMBAGIAN REKLAME
a. Menurut tujuan dan keperluan
1. Reklame Komersial: bertujuan memperkenalkan atau menawarkan barang atau jasa kepada masyarakat.
2. Reklame Sosial: bertujuan untuk memberitahukan atau himbauan kepada masyarakat agar berbuat sesuatu.
b. Menurut cara atau media penyampaiannya
1. Reklame Audio: reklame yang disampaikan lewat suara yang diterima dengan indra pendengaran.
2. Reklame Visual: reklame yang disampaiakan lewat tulisan, gambar, atau tulisan dan gambar, yang dapat diterima dengan indra penglihatan.
3. Reklame Audio Visual: reklame yang disampaikan lewat tulisan, gambar dan suara.
c. Menurut tempat pemasangannya
1. Reklame Dalam yaitu reklame yang terdapat di dalam ruangan, seperti di dalam toko-toko dan gedung-gedung. Reklame ini dapat berbentuk: buku, televisi, brosur, majalah dan lain-lain.
2. Reklame Luar yaitu reklame yang operasinya di luar ruangan, misalnya: baliho, poster, pamflet, spanduk dan lain-lain.
Reklame visual memiliki jenis yang bermacam-macam seperti:
1. Iklan atau Advertensi
Iklan atau advertensi adalah jenis reklame visual yang berfungsi untuk memberitahukan kepada masyarakat mengenai barang atau jasa yang dicetak di media massa seperti surat kabar dan majalah.
2.Poster
Poster adalah jenis reklame visual, berbentuk gambar dan tuliasan yang berukuran agak besar sehingga memudahkan untuk dibaca pesan reklamenya. Poster biasanya dipasang di tempat umum yang mudah dilihat orang.
3. Baliho
Baliho adalah jenis reklame visual yang berukuran sangat besar dengan tujuan agar lebih menarik perhatian masyarakat. Baliho biasanya dipasang di tempat yang ramai.
4. Spanduk
Spanduk adalah jenis reklame visual terbuat dari kain yang memanjang, dipasang melintang di atas jalan atau diantara dua tiang. Spanduk dapat berisi informasi atau pemberitahuan, himbauan, ajakan, atau propaganda hasil produk.
5. Embalase
Embalase adalah jenis reklame visual yang terdapat pada kemasan atau pembungkus hasil produk yang diperdagangkan. Kemasan suatu produk mempunyai dua fungsi: sebagai pembungkus atau pelindung barang produk dan sebagai daya tarik dan pemberitahuan kepada konsumen.
6. Etiket atau Label
Etiket atau Label adalah jenis reklame visual yang umumnya terbuat dari kertas berukuran kecil dan biasanya ditempelkan pada tube atau kemasan produk seperti vitamin, obat-obatan dan lain-lain. Etiket berisi tentang keterangan atau identitas produk tersebut.
7. Pamflet
Pamflet adalah jenis reklame visual yang berbentuk gambar dan tulisan pada lembar kertas berukuran relatif kecil, disebarkan melalui pesawat terbang atau kendaraan darat dan diberikan kepada setiap orang yang lewat. Pamflet pada umumnya berisi informasi tentang suatu kegiatan, hiburan dan lain-lain.
8. Plakat
Plakat adalah jenis reklame visual, bentuknya seperti poster tetapi ukurannya lebih kecil. Plakat biasanya dipasang atau ditempel pada dinding-dinding, pagar beton, pohon dan sebagainya.
9. Booklet
Booklet adalah jenis reklame visual yang berbentuk buku kecil dangan jumlah halaman lebih dari dua halaman atau berupa lembaran panjang yang dilipat-lipat. Booklet dapat berisi informasi tentang suatu kegiatan pameran karya seni rupa, pendaftaran ke suatu lembaga pendidikan atau informasi lamaran pekerjaan dan sebagainya.
10. Papan Nama
Papan nama adalah jenis reklame visual terbuat dari papan kayu, lembaran logam seperti seng atau aluminium, atau bahan keras lainnya, yang pada umumnya bertuliskan nama instansi atau perusahaan, alamat, logo dan sebagainya. Papan nama biasanya dipasang di depan kantor/instansi atau perusahaan.
11. Mobile
Mobile adalah jenis reklame visual yang dipasang dengan cara digantungkan sehingga mudah bergerak bila tertiup angin atau sengaja digerakkan tenaga listrik atau mesin.
12. Neon Box
Neon Box adalah jenis reklame visual yang terbuat dari sinar lampu yang tersusun berwarna-warni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back To Top